apa itu guiding block ?

10:32:00 AM
Tutortatut.com- apa itu guiding block ?
Baca artikel lainya :





tutortatut
gambar by tutortatut.com

Buat anker (anak kereta) mungkin sering menjumpai garis kuning yang ada di statsiun, garis kuning yang mana? Itu garis kuning yang memanjang dari pintu keluar masuk statsiun sampai ke pinggir peron. Garis kuning seperti keramik yang timbul berbentuk bulat dan panjang ini ternyata tidak sembarang di pasang, tetapi ada maknanya tersendiri. Disini kita akan membahas tentang arti dari dibuatnya tanda berwarna kuning ini.

Namanya Guiding Block atau jalan pemandu, yaitu tanda yang dikhususkan untuk penyandang disabilitas khususnya untuk saudara kita yang tunanetra. Hal itu diterapkan sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen PU) Nomor 30 tahun 2006 tentang pedoman teknis fasilitas dan aksesibilitas pada bangunan dan lingkungan. Selain di statsiun, garis kuning ini sering di temukan di trotoar, perkantoran terminal dan fasilitas umum lainnya.

Mengapa ada 2 macam bentuk? Ternyata maknanya adalah sebagai berikut:

tutortatut
gambar by tutortatut.com

garis kuning berbentuk panjang yaitu untuk menandakan mereka aman untuk berjalan sedangkan garis kuning berbentuk bulat-bulat menandakan bahwa mereka harus berhenti.
Akhir-akhir ini pemerintah sedang gencar gencarnya membangun fasilitas untuk kaum difabel, semoga kedepannya fasilitas untuk kaum difabel lebih bagus lagi karena mereka juga berhak untuk hidup normal seperti kita.

Silahkan share artikel ini karena banyak yang belum tahu apa kegunaan dari garis kuning ini. Salam penulis @lukmanurhakim



Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda